Labels

Senin, 26 November 2012

Tips Meng-istiqomahkan Sholat Tahajud


Sobat, betapa indah suasana di waktu malam.
Bulan purnama berkedip-kedip pada bintang gemintang
tersenyum manis pada sang kelam
angin malam lembut membelai sang alam.
Itulah sekilas gambaran malam yang indah. pernahkah kita menyaksikannya???
Tentunya jarang sekali kita bangun diwaktu malam bukan?
Nah kali ini saya akan berbagi kepada sobat semua untuk giat dan istiqomah bangun diwaktu malam. tetapi tidak hanya bangun kemudian duduk sendiri  melainkan "qiyamulail" alias Sholat Malam yaitu Sholat Tahajud.

Sholat Tahajud memiliki keutamaan yang mulia, dari hadist Rosul pernah dijelaskan bahwa sholat tahjud itu lebih indah daripada dunia dan seisinya. Selain itu barang siapa yang melanggengkan sholat malam akan dijamin surga dan rizki di dunia. Wow, amazing bukan?
Sholat Thajud adalah sholat yang dikerjakan diwaktu malam setelah isya sampai masuk waktu subuh, dan dikerjakan setelah bangun tidur. Jadi klo dikerjakan tanpa tidur dulu itu bukan sholat tahajud sobat.
Sholat tahajud lebih utama dikerjakan diwaktu sepertiga malam yang terakhir yaitu antara pukul 01.00 - masuk waktu subuh.
Sholat Tahajud dikerjakan paling sedikit 2 rakaat atau sebanyak-banyaknya dengan 2 rakaat salam.
setelah itu doa yang dibaca adalah :

 اَللّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ، وَلَكَ الْحَمْدُ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ، اَللّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ    الْمُؤَخِّرُ، لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَنْتَ إِلٰهِيْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ
Artinya adalah : 
“Ya, Allah! Bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisi-nya. Bagi-Mu segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, Surga adalah benar (ada), Neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari-Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar. Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali (bertaubat), dengan pertolongan-Mu aku berdebat (kepada orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum. Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau”.

Tips agar bisa bangun malam untuk sholat tahajud

Nah Sobat ini adalah pengalaman pribadiku sendiri yang belajar untuk meng-istiqomahkan sholat tahajud. memang tidak mudah untuk mengawali bangun malam, tetapi kita harus punya kiat-kiat khusus tapi mudah untuk dikerjakan.
  1. Jangan menghabiskan banyak tenaga pada siang hari. Apabila kita bekerja maka bekerjalah sesuai kemampuan dan jangan memforsir tenaga kita agar kita bisa bangun di malam hari
  2. Hindari makan malam terlalu kenyang. Karena apabila perut kita penuh pada malam hari. Kita akan malas dan sulit untuk bangun di malam hari.
  3. Sebelum tidur berniatlah akan bangun malam untuk sholat tahajud. Percaya atau tidak memang setiap kita berniat akan bangun malam pasti kita akan terbangun dengan sendirinya diwaktu malam.
  4. Pasang alarm handphone untuk mengingatkan kita bangun dimalam hari.
  5. Buat janji dengan teman untuk saling membangunkan diwaktu malam melalui miscall atau telpon. Ini adalah pengalamanku bersama istriku dulu ketika kita masih pacaran. Jadi sebelum tidur kita setting alarm hp, dan ketika berbunyi kita akan saling miscall atau telpon untuk membangunkan satu sama lain. Alhamdulillah cara ini mampu membuat kita rutin mengerjakan sholat malam.
  6. Selalu berdoa kepada Allah Swt agar senantiasa diberi kesehatan yang baik agar kita bisa beribadah kepada Allah Swt dengan sempurna.
Nah itulah tadi beberapa tips  dari saya, semoga bermanfaat dan kita bisa menjadi muslim atau muslimah yang selamat dunia akhirat, amien ya Robbal alamin.
(Rey;dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

About