Labels

Rabu, 21 Maret 2012

Sungai Oro oro, Impression of Heaven

Sobat, kita semua tahu bahwa sungai merupakan sumber penghidupan yang vital bagi manusia. Banyak sekali manfaat dari sungai, sebagai contoh sungai berperan penting dalam pengairan sawah yang mana sawah merupakan sumber mata pencaharian masyarakat. Selain itu sungai juga berfungsi sebagai wadah air hujan yang dapat menghindarkan kita dari musibah banjir. Dan masih banyak lagi manfaat sungai yang lain.
Nah kali ini saya akan menampilkan profil sungai yang ada di Dusun Kabunan - Kepulungan Kec. gempol.

Oro oro, yach itulah nama sungai yang ada di dusun ini.Sungai dengan lebar rata-rata 12 meter ini membelah dusun kabunan menjadi 2 bagian, yaitu kabunan barat dan kabunan timur. Dengan debit air yang tidak pernah kering sepanjang tahun, Sungai Oro oro menjadi sunber aktivitas masyarakat dusun ini. Mulai irigasi persawahan, mandi, mencuci, bahkan sarana rekreasi juga seperti memancing.
Siapa pun gak tahu dari mana sungai itu dinamakan Oro oro. Seolah-olah sudah bernama seperti itu dari dulu. Tidak ada riwayat sejarah atau mitos mengenai nama Oro oro. Tapi ada mitos yang menyebutkan bahwa Sungai Oro oro agak angker alias keramat. Banyak cerita-cerita orang tua yang menyebutkan kejadian aneh berbau mistis di sungai ini. Wallahu a'lam.
Bagaimanapun juga Oro oro tetap menjadi daya tarik warga Kabunan untuk beraktivitas, terutama rekreasi.
Banyak hal yang bisa kita lakukan disini, seperti memancing, bersantai, bahkan makan bersama.
Maklum sungai ini memiliki semacam bendungan irigasi yang membagi aliran airnya ke areal persawahan. jadi bisa sobat perhatikan sendiri keren kan?hehe
Duduk-duduk di pinggiran sungai ini serasa bersantai di bendungan karang kates Malang (bayangin aja dech,hehe).
Dimasa kecil saya sering sekali bermain-main di sungai ini, mencari ikan, memancing, berenang dan masih banyak lagi yang bisa kita kerjakan disini. Dijamin bisa menghilangkan stress.
udah dech sobat itu aja sekilas tentang Sungai Oro oro di dusun Kabunan,capek ngetik aku,hehe
Sungai Oro oro, Impression of heaven.

1 komentar:

 

Blogger news

About