Labels

Selasa, 29 Januari 2013

Makam Kabunan, House of Future



Kullu Nafsin Zaikatul Maut
“Tiap-tiap yang bernyawa pasti mati”

Firman Allah SWT tersebut benar-benar memperingatkan kepada kita bahwa segala sesuatu di dunia ini pasti ada akhirnya, yaitu kematian. Maut memang tidak bias dipisahkan dari kehidupan manusia ini. Karena Maut merupakan kepastian dari Allah SWT, yang kita tidak bias menunda atau mempercepat sedikitpun.
Umat muslim berkewajiban selalu mengingat kematian supaya benar-benar mempersiapkan diri untuk hijrah ke alam barzah. Bertaqwa merupakan jalan untuk mendapatkan bekal di akhirat kelak.


Masyarakat Dusun Kabunan sudah turun temurun mewarisi kalimat firman Allah SWT diatas. Sehingga segala kegiatan yang berhubungan dengan kematian selalu dikerjakan dengan “guyub” atau kompak penuh keikhlasan demi meringankan beban “sohibul musibah”.

Dusun Kabunan memiliki sebuah Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang terletak di ujung barat dusun, yang merupakan tempat tertinggi di dusun ini. Dengan pemandangan langsung menghadap Gunung Penanggungan, makam ini tertata dengan rapi dan asri sebagai tempat peristirahatan terakhir masyarakat Kabunan. House of Future  alias Rumah Masa Depan ini digunakan untuk memakamkan seluruh masyarakat Kabunan yang meninggal dunia. Dengan luas area kira-kira 30 X 50 m dan ditumbuhi dengan pohon kamboja, Nampak asri dan sejuk dipandang. Tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai makam karena memiliki udara yang sejuk dan jauh dari jalan utama. Siapa pun yang berziarah ke makam ini akan merasa nyaman dan khusyuk mendo’akan ahli kuburnya.

Akses menuju Makam ini merupakan jalan berpaving beton dengan lebar 2,5 m (cukup untuk dilewati truk) sampai ke dalam pemakaman tepat. Jadi peziarah tidak perlu khawatir becek atau kotor waktu berziarah. Pohon-pohon Kamboja yang menaungi pemakaman ini menjadikan suasana semakin damai sekaligus angker tapi tetap asri dan nyaman dipandang. Pintu masuk ke pemakaman terbuat dari tugu beton dan kubah besi yang terletak 30 m dari pemakaman memberikan areal parker yang luas dan aman. Karena pemakaman ini dari kedua sisinya yaitu sisi utara da timur berbatasan langsung dengan rumah warga dan tidak ada akses jalan lain setelah pintu masuk. Dengan kata lain jalan hanya sampai ke pemakaman selanjutnya merupakan areal persawahan.


Apabila anda berziarah ke makam ini anda akan menemukan ketentraman dalam berdo’a untuk ahli kubur, karena anda sekaligus mentap langsung keindahan Gunung Penanggungan. Saya pribadi setiap kali berziarah selalu menyempatkan diri sejenak untuk bersantai sambil menikmati indahnya alam Kabunan yang berlatar belakang Gunung Penanggungan. (rey)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

About